Rabu, 09 November 2016

Menengok Keindahan Alam Danau Matano Sorowako

Keindahan Alam Danau Matano Sorowako
Danau Matano memiliki ukuran panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer dengan kedalaman sekitar 1.969 kaki atau sekitar 590 meter. Ukuran dalam inilah yang menjadikan Danau Matano menjadi danau terdalam di Asia Tenggara, dan menempati urutan ke-8 terdalam di dunia.

Saking jernihnya air Danau Matano, memungkinkan bagi anda untuk melihat langsung beragam kehidupan makhluk danau yang ada di dalamnya. Wikipedia menyebutkan bahwa Danau Matano memiliki 6 spesies kerang, 6 spesies udang , 3 spesies kepiting, dan 10 spesies ikan bersirip tajam. Ada 2 spesies ikan menarik dan unik yang berada di Danau Matano, yaitu Ikan Buttini dan Ikan Opudi. Ikan Buttini adalah ikan khas yang ada di Sorowako. Bahkan menurut beberapa penelitian dan percobaan, ikan ini hanya bisa bertahan hidup di Sorowako.

Ikan Buttini bisa dimakan dan enak rasanya, apalagi kalau dimasak dengan asam. Penduduk lokal Sorowako senang memakan ikan ini. Sedangkan Ikan Opudi adalah ikan hias berukuran kecil yang sangat indah dan juga merupakan ikan khas Danau matano.

Ikan LouhanSayang sekali komunitas ikan Danau Matono mulai terusik dengan adanya Ikan Louhan, sebab ikan Louhan adalah predator yang sifatnya mengganggu spesies ikan-ikan lainnya. Ya, mungkin di sebagian tempat Ikan Louhan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, tapi di Sorowako, keberadaan Ikan Louhan seperti “hama” yang merusak eksistensi komunitas ikan lainnya.


Goa Bawah Air Di Danau Matano
Di Danau Matano juga terdapat Goa Bawah Air. Mulut Goa Bawah Air tersebut bisa kelihatan dari atas disebabkan kejernihan air Danau Matano. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana hanya untuk sekedar berpose di depan mulut Goa Bawah Air atau untuk menyelam ke dalamnya dengan menggunakan peralatan selam. Jika anda menyelam tanpa peralatan selam, dijamin anda hanya akan bisa bertahan beberapa menit saja.

sumber : http://www.azwisata.com/2015/10/keindahan-wisata-alam-danau-matano-soroako.html

0 komentar:

Posting Komentar